Sabtu, 28 Juni 2014

Jadi apa? jadi manusia



Mau jadi apa aku ini?
Aku masih belum tau cara hidup . cara menjalani kehidupan ini?

Memusingkan memang ketika kita harus memikirkan masa depan. Tapi itu memang yang harusnya sudah kita pikirkan sejak lama.
Tuhan memang sudah menentukan takdir hidup semua makhluknya.  Menakdirkannya berbeda antara manusia yang satu dengan yang lainnya, memberikan jalan kehidupan sendiri-sendiri. Takdir memang sudah digariskan, dan sekarang giliran kita yang akan menentukannya sendiri. Mau membuat takdir itu seperti apa, membawa nasib kita sendiri ke jalan mana yang akan kita ambil. Kadang barangkali jalan hidup yang kita tempuh tidak sesuai dengan yang digariskan, bisa menjadi yang lebih baik atau malah kadang terjerumus ke hal yang salah. Yaps karena takdir bisa berubah. Dan itu tergantung diri kita sendiri mau membuatnya seperti apa. 

Seperti pada ayat di bawah ini, yang dengan tegas menyatakan bahwa seseorang mampu merubah nasib dengan usaha sendiri, dan dengan izin Allah Swt.

Oleh karena itu, apa yang seharusnya kita lakukan?? Ya tentu saja berani melangkah. Kita tidak tahu kan takdir kita itu seperti apa? apa yang sudah Allah tentukan untuk kita? Tidak tahu . Yang pasti semua itu pastilah yang terbaik untuk kita para makhluknya. Untuk itu kita harus berani mencoba dan melangkah untuk menentukan nasib kita sendirii.
Mungkin kebanyakan dari kita masih bingung, mau jadi apa aku nanti? Mau seperti apa aku 5tahun yang akan datang? Aku masih belum tau cara hidup . cara menjalani kehidupan ini? apa aku bisa jadi ini? atau bisa jadi itu? atau malah tidak jadi apa apa? benar-benar memusingkan.  Pertanyaan-pertanyaan seperti itu pasti kerap kali muncul dibenak kita. Dan tentunya juga akan membuat kita bingung.
Bingung? Galau? Sedih? Apalah itu namanya. Semuanya pasti anda rasakan ketika memikirkan masa depan. Tidak ada yang salah dengan perasaan yang seperti itu. ketika kita sangat dan sangat galau memikirkan masa depat itu wajar. Karena memang masa depan itu penting dan harus dipikirkan dengan baik-baik. Malah sebaliknya aneh, jika kita merasa biasa saja ketika memikirkan masa depan, tidak merasa bingung sedikitpun atau malah kita tidak pernah memikirkan masa depan kita. Itu tidak benar, itu salah. Itu yang aneh, itu yang sangat tidak wajar. Saat kegalauan menghantui kita, itu wajar. Yang penting kita bisa menghalau galau itu sendiri. Dan tidak mebiarkannya berlarut larut. Artinya kita harus bertindak !
Ketika usia sudah mulai menginjak dewasa, saat itulah kita baru akan mulai memikirkan langkah apa yang akan kita ambil. Dan jadi dewasa itu sepertinya asyik tapi tidak mudah dijalani. Sekarang benar-benar bingung menentukan masa depan? Iya kan?
Ambil saja contoh ketika baru lulus SMA, apa yang akan anda lakukan selanjutnya? Mungkin banyak teman anda sudah melangkah, meninggalkan anda yang masih kebingungan dengan tujuan anda. Ada yang memutuskan untuk kuliah, dan akhirnya keterima dengan mudah di perguruan tinggi yang mereka inginkan. Ada pula yang ingin kuliah tapi dengan jalan yang berbeda, sedikit lebih susah harus berjuang mengikuti test ini itu. Ada pula yang benar-benar ingin kerja. Dan juga ada yang bimbang antara ingin kuliah dan kerja. Ada juga yang dengan nekat memutuskan untuk merantau jauh untuk bekerja mencari pengalaman yang luar biasa di luar sana, dan tentu saja meninggalkan anda di sini. Di sini masih berpikir apa yang bisa saya lakukan????? Bermacam-macam memang, dan itu hanya sekelumit yang ada di sekitar kita, sebenarnya masih banyak lagi. Mereka yang berani melangkah dan menentukan jalan hidup mereka adalah lebih baik dari mereka yang hanya diam, menunggu dan tidak melakukan usaha apapun untuk masa depan mereka. Mereka yang berani mengambil keputusan, berani mengambil risiko untuk masa depan mereka adalah orang-orang yang akan mendapat keberhasilan , karena setidaknya mereka sudah berjuang dan berusaha.
Lantas apa yang harus kita lakukan, hanya melihat teman-teman kita berusaha meraih masa depan yang cerah? Tentu tidak. Kita harus ikut berjuang bersama mereka dengan jalan kita sendiri, dengan cara kita sendiri untuk masa depan kita sendiri. Kita juga tidak mungkin ikut-ikutan apa yang dilakukan teman kita. Karena pasti tujuan kita berbeda. Kebanyakan pasti akan seperti itu, kebiasaan yang sedikit banyak selalu menggantungkan orang lain. Mulailah tidak bergantung pada teman yang selama ini selalu bersama kita. Beranilah melangkah sendiri, ini bukan sekolahan atau apalah itu yang kemanapun harus ada teman. Ini kita sedang berjuang untuk meraih masa depan. Jadi tentukan dari sekarang. Tentukan jalan hidupmu sendiri. Kita harus bisa mengambil keputusan sendiri, dan tidak selalu bergantung ke orang lain. Ini hidup kita dan bukan hidup teman kita, atau orang lain.
            Mau jadi apa? jadi apa? jadi apa????jadi apa saja.

2 komentar:

yusril mengatakan...

Gua gak bisa mikir mau jadi apa gimana nih

Kaniza Cancer mengatakan...

Bisaa. Nanti juga tau sendiri. Swemangatt :D

Posting Komentar